Penyebab dan Gejala Kencing Nanah (Gonore)

Kencing nanah, atau dikenal dengan istilah medis gonore, adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini dapat menyerang baik pria maupun wanita dan sering kali menunjukkan gejala pada saluran kemih, tetapi juga dapat mempengaruhi area lain seperti rektum, tenggorokan, dan mata.

Penyakit Kelamin Kencing Nanah: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Dalam artikel ini, kita akan membahas gejala, penyebab, cara pencegahan, dan pengobatan kencing nanah.

Gejala Kencing Nanah (Gonore)

Gejala kencing nanah dapat bervariasi antara pria dan wanita, serta dapat muncul dalam beberapa hari hingga beberapa minggu setelah terinfeksi.

Gejala pada Pria:

  • Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil.
  • Keluarnya cairan berwarna kuning, putih, atau hijau dari penis.
  • Pembengkakan atau nyeri pada testis.
  • Sakit tenggorokan (jika terinfeksi melalui seks oral).

Gejala pada Wanita:

  • Peningkatan keputihan.
  • Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil.
  • Perdarahan antar periode menstruasi.
  • Nyeri perut atau panggul.
  • Sakit tenggorokan (jika terinfeksi melalui seks oral).

Gejala Umum Lainnya:

  • Infeksi pada rektum yang dapat menyebabkan gatal, nyeri, atau keluarnya cairan.
  • Infeksi pada mata yang dapat menyebabkan kemerahan, nyeri, atau keluarnya cairan.
  • Infeksi tenggorokan yang bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Penyebab Kencing Nanah

Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyebar melalui kontak seksual, termasuk vaginal, anal, dan oral. Bakteri ini dapat menginfeksi membran mukosa pada saluran kemih, rektum, tenggorokan, dan mata.

Pencegahan Kencing Nanah

  1. Menggunakan Kondom: Penggunaan kondom saat berhubungan seks dapat mengurangi risiko terinfeksi gonore secara signifikan.
  2. Menghindari Seks Berganti-Ganti Pasangan: Mengurangi jumlah pasangan seksual dan berhubungan seks hanya dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi dapat menurunkan risiko.
  3. Rutin Memeriksa Kesehatan Seksual: Melakukan pemeriksaan rutin untuk IMS dan mendiskusikan hasilnya dengan pasangan seksual.
  4. Hindari Berhubungan Seks dengan Pasangan yang Terinfeksi: Jika pasangan menunjukkan gejala atau telah didiagnosis dengan IMS, hindari hubungan seksual sampai pengobatan selesai dan dokter menyatakan sembuh.

Pengobatan Kencing Nanah

Gonore dapat diobati dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter. Pengobatan biasanya melibatkan injeksi antibiotik (seperti ceftriaxone) dan dosis oral (seperti azitromisin). Penting untuk menyelesaikan seluruh pengobatan yang diresepkan, meskipun gejala telah hilang.

  1. Antibiotik: Dokter akan meresepkan kombinasi antibiotik untuk memastikan bakteri benar-benar tereliminasi.
  2. Menginformasikan Pasangan Seksual: Penting untuk memberitahu pasangan seksual agar mereka juga mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan jika diperlukan.
  3. Menghindari Hubungan Seksual: Hindari hubungan seksual sampai pengobatan selesai dan dokter memastikan infeksi telah sembuh untuk mencegah penyebaran infeksi.

Baca Juga: Gigi Bungsu: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Kencing nanah atau gonore adalah infeksi menular seksual yang umum tetapi dapat diobati. Mengenali gejala awal, memahami penyebab, dan mengetahui cara pencegahan serta pengobatan adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan seksual. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *